Thursday, September 17, 2015

Tips Berburu Tiket Murah AirAsia Story, Part I

Berburu tiket murah sangat mengasyikan untuk para traveler. Satu kendalanya, jadwal libur kerja harus disesuaikan dengan rencana liburan. Hehe terbalik ya? Ohya Berhubung pengalaman saya lebih banyak pakai AirAsia, jadi info di sini sekitar maskapai yang basecamp nya di negara jiran itu ya. Alasan menggunakan AirAsia selain murah, kita bisa booking tanpa kode passport. jadi, jika jauh-jauh hari kita ingin berlibur tapi passport belum jadi, maka tak masalah lagi ;)

Berikut tips yang semoga bermanfaat untuk kita semua yang mencari tiket murah:

1. Pasang aplikasi di android khusus maskapai yang sering memberi diskon tiket. Biasanya AA memberi notiofikasi yang jika diklik akan menampilkan informasi seperti berikut. Pernah suatu saat saya mendapat tiket 328,000 pulang pergi. Alhamdulillah rejeki anak shaleh :p


2. Gunakan Traveloka atau mesin pencari tiket murah lain untuk mendapat gambaran tanggal berapa bulan apa saja diskon keluar dengan harga termurah. Setelah itu klik di tanggal yang kita sasar.


3. Perhatikan maskapai mana yang mengeluarkan angka terendah untuk tiket pada tanggal tersebut. 


4. Bukalah web langsung maskapai yang memberi promo tiket.


5. Bookinglah di waktu yang sesuai dengan kebutuhan kita. Perkiraan check in penerbangan internasional biasanya 3 jam sebelum pemberangkatan. Jadi, cepat putuskan sebelum kuota seat habis :D

6. Biasanya, jika loading maskapai tinggi disebabkan pemesan tiket yang berlomba di waktu-waktu premium... maka saya sarankan bersabarlah. AirAsia menyediakan waiting room untuk mengulur waktu. Santai saja sambil berdoa agar tidak kehabisan ;)

7. Jika sudah selesai reservasi biasanya dapat pilihan untuk membayar melalui kartu kredit, ATM, atau Indomart. Saya sih sarankan teman-teman untuk transfer via ATM. Keuntungannya, biaya transfer lebih murah dan masih ada waktu 2 jam untuk menuntaskan pembayaran. Masih sempatlah pinjam-pinjam ATM teman :p
Tapi sebelumnya dihitung (dikalkulasikan) dulu dengan matang. 
Jika dikalkulasikan pemesanan tiket jumlah total yang harus dibayarkan lebih dari 5 juta, maka kita harus pakai ATM yang limitnya lebih dari 5 juta (nah...ini penting). Strateginya adalah, buat menjadi dua kali atau lebih bookingnya. Tentu dengan ATM berbeda tiap transaksi. 
Ingat ya, maksimal satu kode booking adalah 9 orang. 

Selain murah, biasanya AirAsia ada promo AirAsia Go. Nah, di sini selain kita dapat tiket promo, ada juga penawaran penginapan dengan biaya menginap yang juga didiskon. Bisa juga kita bikin kartu CIMB Niaga AirAsia BIG Card. Kartu kredit ini jika digunakan untuk beli tiket dan membayar penginapan yang menjadi rekanan AirAsia (dulu namanya Hotel Tune, tapi beberapa di antaranya berubah menjadi Red Planet Hotel) maka kita akan mendapatkan point yang bisa ditukarkan dengan seat pesawat. Enaknyoooo...mau dong :p



Intinya berburu tiket murah tidak butuh keberuntungan. Kita hanya perlu gesit dan yakin akan mendapatkan kesempatan menikmati potongan harganya. Sebagai muslim, tambahkan usaha kita untuk mencari tiket murah dengan banyak berdoa. 

Kalau pun kita melihat seat diskon sudah habis jangan putus asa ya. Selama masa promo masih ada, kita masih bisa dapatkan diskon tersebut kok. Kenapa? Seat yang sudah dibooking itu belum tentu jadi dibayar kok. Beberapa pemburu tiket lainnya hanya me-hold tiket-tiket tersebut sambil mengulur waktu. jadi jangan heran kalau 2 jam kemudia seat yang tadinya 0 menjadi 5 atau 8 atau available lagi.

Yuk ah, semangat! Kita berburu tiket dan keliling dunia ;) Kita lanjutkan ke Part II-nya

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...